KOORDINASI PROGRAM KADER ULAMA (PKU) FUAD DAN MUI PROV KAL-TENG

Palangka Raya, 02 Juli 2021, telah dilaksanakan koordinasi Program Kader Ulama (PKU) oleh FUAD yang bekerja sama dengan MUI Prov. Kal-Teng di Kantor MUI Prov. Kal-Teng. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua MUI Prov. Kal-Teng yaitu Dr. Khairil Anwar, M. Ag, Ketua Bidang Pengkaderan MUI, Bendahara MUI, dan tim dari FUAD, yang diwakili oleh Ibu Dekan FUAD yaitu Ibu Dr. Desi Erawati, M. Ag, Wakil Dekan II yaitu Bapak Dr. Ahmadi., M. SI., Wakil Dekan III yaitu Bapak Dr. Taufik W. M., Lc., M. Th. I, Tim dari Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT). Adapun garis besar pembahasan koordinasi Program Khusus Ulama (PKU) yang berlangsung yaitu terkait dengan program yang akan dijalankan, materi yang diajarkan, dan jumlah mahasiswa yang akan mengikuti Program Kader Ulama (PKU).

Program Kader Ulama (PKU) oleh FUAD sendiri ditindak lanjuti dan dijalankan langsung oleh FUAD ke Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT). Hal ini merupakan tantangan besar untuk Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT). Untuk menghadapi tantangan ini, diperlukan sebuah proses kaderisasi ulama yang memfokuskan pada tiga hal, yaitu yang pertama pendalaman ulang ilmu-ilmu Islam yang fundamental dalam rangka menjawab tantangan pemikiran terkait dakwah yang berupa gerakan kristenisasi, gerakan aliran kepercayaan dan kebatinan, gelombang budaya Barat yang berupa hedonism, materialisme, kapitalisme, dsb. yang menjauhkan umat dari agama. Juga tantangan pemikiran keagamaan Islam dengan masuknya konsep-konsep, pendekatan, metodologi dan filsafat liberalisme, sekularisme, pluralisme agama, relativisme, nihilism, dan lain sebagainya yang umumnya dating dari Barat. Kemudian, yang kedua yaitu mengenal dan mendalami metodologi, ideologi, dan konsep-konsep kunci peradaban Barat yang telah merasuk ke dalam pemikiran umat Islam. Selain itu, yang ketiga yaitu mendalami teknik dan metode ghazwul fikri dalam bentuk training-training jurnalistik, leadership, multi media, dan lain sebagainya.

Diharapkan dengan adanya Kerjasama Program Khusus Ulama (PKU) antara FUAD khususnya Program Studi IQT dengan MUI Prov Kal-Teng dapat memberikan manfaat besar bagi umat, khususnya mahasiswa yang harus siap mengabdi dan senantiasa meningkatkan SDM dan juga kompetensinya masing-masing, sehingga mampu tampil andal dan berkualitas serta diterima dan memberi manfaat maksimal bagi umat dan kehidupan masyarakat luas. 

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *