Kegiatan Pelatihan/ Workshop Studi al-Qur’an dan Hadis Berbasis Aplikasi Digital dan e-Book Library

Palangka Raya, – Pusat Kajian Al Qur’an (PKQ) Kota Palangka Raya  telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan/ Workshop Studi al-Qur’an dan Hadis Berbasis Aplikasi Digital dan e-Book Library  dengan didukung oleh Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) IQT yang dilaksanakan selama 2 hari  yaitu tanggal  08-09  Oktober  2021 secara langsung di Aula perpustkaan IAIN Palangka Raya.

Pada acara pembukaan  kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh ketua prodi Ilmu Al Qur’an dan tafsir yandiwakili oleh Ibu Nor Faridatunnisa, S. Th.I., M. Hum., Ketua Pusat Kajian Al Qur’an Bapak Akhmad Supriadi, M.S.I., dan Tim IT Mikwa Institut IAIN Palangka Raya saudara Supriyadi S. Pd.

Adapun Rangkaian kegiatan pelatihan ini adalah pada hari pertama penginstalan aplikasi Al Qur’an dan Hadist di laptop masing-masing peserta oleh saudara Supriyadi S. Pd., dkk (Tim IT ) dan hari kedua merupakan kegiatan inti yaitu Pelatihan/ Workshop Studi al-Qur’an dan Hadis Berbasis Aplikasi Digital dan e-Book Library yang di sampaikan oleh para pemateri. Pemateri pertama adalah Ibu Nor Faridatunnisa, S. Th.I., M. Hum., beliau menjelaskan materi bagaimana mencari dan men-takhrij hadis secara digital, kemudian  pemateri kedua adalah Bapak Akhmad Supriadi, M.S.I., beliau menjelaskan materi bagaiman menggunakan aplikasi al-Qur’an Kementerian Agama versi 2019 dan beliau juga menyampaiakan terkait sumber sumber referensi berupa e-Book. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait penggunaan aplikasi digital dan e-book library dalam kajian al-Qur’an dan Hadis, selanjutnya bisa diaplikasikan untuk mendukung perkuliahan secara khusus maupun penggalian dan pemahaman teks keagamaan secara umum.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *