Tentang IQT

Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT) adalah program studi yang fokus kepada kajian al-Qur’an dan tafsir dengan segala kompleksitasnya, dalam rangka menghasilkan alumni yang profesional dan mampu berkompetisi secara global. Secara historis, prodi ini dahulu bernama Jurusan Tafsir Hadis (TH), berdiri pada tanggal 27 Juli 1988 dengan SK yang ditandatangani oleh Menteri Agama RI (SK No. 122 tahun 1988).

Sejalan dengan visi untuk menjadikan F.U.A.D sebagai salah satu Fakultas unggulan pendidikan,Pengajaran dan Penelitian (Excellence future Education,teaching and research Faculty ) di IAIN Palangka Raya Kalimantan Tengah, maka pada tahun 2015 dibuka Program Studi ini dengan membawa misi untuk mempersiapkan generasi muda islam khususnya tenaga ahli dakwah islam yang ahli dalam bidang ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dan memiliki jiwa Ikhlas, Intelektual dan Istiqomah.

Fokus Mata Kuliah unggulan yang diberikan dalam Program Studi ini meliputi: Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, Tahfidz dan Tahsin Al-Qur’an,  Tahfidz hadits, Ushulut Wa Qowaiduh, Tafsir Ayat Sains, Balaghah Al-Qur’an, Kajian Al-Quran dan Hadits berbasis Informasi teknologi, Metodologi Penelitian Tafsir/Hadis, Akhlak Tasawuf, Ilmu Mantiq, kajian Orientalisme atas Al-Qur’an, Filsafat , Bahtsul Kutub