Pengarahan Mahasiswa PKU Angkatan 2022: Membangun Kualitas Pendidikan dan Karakter Islami

Palangkaraya, 19 Agustus 2022 – Sebagai langkah awal dalam memasuki kehidupan kampus, mahasiswa baru Program Khusus Keagamaan (PKU) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya angkatan 2022 menerima pengarahan dan pembinaan intensif. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arah dan motivasi kepada para mahasiswa baru dalam menghadapi tantangan akademis dan membangun karakter Islami selama masa perkuliahan.

Acara pengarahan yang diadakan di Aula Utama Kampus PKU IAIN Palangkaraya tersebut melibatkan berbagai pihak, termasuk dosen, pengurus ormawa, dan angkatan 21. Para pembicara memberikan pandangan dan saran berharga terkait adaptasi kehidupan kampus, manfaat aktif dalam kegiatan akademis dan keorganisasian, serta pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan sesama mahasiswa.

Salah satu poin utama yang disampaikan dalam pengarahan adalah betapa pentingnya memadukan aspek akademis dan keagamaan dalam pengembangan diri mahasiswa. Dr. H. Taufik Warman Mahfuz, Lc. M.Th.I, salah seorang dosen senior, mengatakan, “Kami berharap mahasiswa PKU dapat menjadi agen perubahan yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keagamaan dalam setiap aspek kehidupan.”

Pengarahan juga memberikan penekanan pada peran aktif mahasiswa dalam kegiatan keagamaan, baik di dalam maupun di luar kampus. “Melalui ormawa dan kegiatan keislaman, mahasiswa dapat mengembangkan potensi dan kontribusi mereka dalam membentuk lingkungan kampus yang lebih Islami,” ungkap Ketua Ormawa PKU, Anisa Fitri.

Selain itu, mahasiswa angkatan 2022 juga diberikan pemahaman mengenai berbagai fasilitas dan layanan kampus yang dapat mendukung proses belajar-mengajar. Dengan adanya panduan tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mengoptimalkan pengalaman kuliah mereka dan membangun fondasi yang kuat untuk masa depan.

Salah satu mahasiswa baru, Eko Wahyudi, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan pengarahan ini. “Saya merasa lebih siap dan termotivasi untuk memulai perjalanan perkuliahan saya di PKU. Semua informasi dan nasihat yang kami dapatkan sangat membantu dalam mengarahkan langkah kami ke arah yang benar,” ucap Eko. Pengarahan mahasiswa PKU angkatan 2022 di PKU IAIN Palangkaraya menjadi langkah awal yang signifikan dalam membentuk karakter mahasiswa yang berintegritas dan memiliki kesadaran akan peran penting keagamaan dalam pembangunan diri dan masyarakat.

Scroll to Top