Prestasi Memukau: Mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir Raih Penghargaan di International Conference Fuad Experience Space

Palangka Raya, 20 September 2023 – Mahasiswa dari Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, kembali mencatatkan prestasi gemilang dalam dunia akademik Internasional. Muhammad Saiful Khair dan Syifa, dua mahasiswa yang penuh semangat, berhasil meraih penghargaan dalam International Conference Fuad Experience Space. Konferensi prestisius ini mengangkat tema “Social Problem of Artificial Intelligence toward Society 5.0” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya.

Acara ini menjadi semakin berkesan dengan kehadiran Bapak Fairid Naparin, S.E., Wali Kota Palangka Raya. Dan Juga Keynote speaker yang sangat menginspirasi yaitu Ibu Desi Erawati, M.Ag. Dosen berpengalaman di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Syifa Adibah Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan dakwah, Datin dr. Siti Taniza dari Akademi PEKA Malaysia, DR. Nola Fibriyani Bte Salman dari Muhammadiyah Islamic College Singapore, dan Dr. Maad Ahmad dari Kamboja.

Konferensi ini digelar dalam format hybrid, menggabungkan sesi daring dan tatap muka. Pembicara dari luar negeri, yaitu Malaysia, Singapura, dan Kamboja membagikan wawasan mendalam mereka tentang bagaimana AI memengaruhi berbagai aspek masyarakat generasi modern. Setelah konferensi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan panel sesi offline dan online. Para peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut tentang topik-topik yang telah dibahas selama konferensi dan menggali solusi untuk permasalahan sosial yang dihasilkan oleh perkembangan AI.

Penghargaan tertinggi dalam konferensi ini diberikan kepada dua mahasiswa yang luar biasa. The 1 Best Paper Award diraih oleh Muhammad Saiful Khair, mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir angkatan 20, yang berhasil menyajikan penelitiannya berjudul “Artificial Intelligence Di Era Musa: Kontekstualisasi Makna QS. Thaha [20]: 88″.

Sementara itu, The 1 Best Presentation Award diberikan kepada Syifa, mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir angkatan 22, yang memberikan presentasi menginspirasi berjudul “Tafsir QS Al- Isra’ 26-27 dengan Relevansi Program Food Waste dan Zero Hunger”.

Konferensi Internasional “FUAD Experience Space” bukan hanya tempat untuk berbagi pengetahuan, tetapi juga untuk mendorong pemikiran inovatif dan kolaborasi dalam menghadapi tantangan sosial AI menuju Masyarakat 5.0. Dengan berbagai perspektif yang dipersembahkan oleh para pembicara dari berbagai latar belakang, konferensi ini akan berdampak positif dalam merumuskan solusi yang bijak untuk menghadapi masa depan yang semakin terhubung oleh teknologi AI.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top