Palangkaraya, [8-November-2023] – Komunitas “JQH,” yang awalnya muncul sebagai gagasan seorang mahasiswa, Santia Angkatan 2017, dan diwujudkan oleh Ibu Nor Faridatunnisa pada April 2020, telah menjadi sarana penting bagi mahasantri di Universitas IAIN Palangkaraya untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan dalam bidang agama dan ilmu. Ujar Rendy Saputra.

Program-program JQH tidak hanya mencakup pelatihan umum, tetapi juga program-program khusus yang dikhususkan untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT). Komunitas ini bertujuan untuk menghasilkan mahasantri yang aktif dalam bidang keagamaan dan berkualitas.Program-program yang ditawarkan oleh JQH mencakup berbagai aspek yang relevan, termasuk:

  1. Tahfizh Quran dan Tahsin: Mahasantri diberikan kesempatan untuk mempelajari dan menghafal Al-Quran, serta memperbaiki kemampuan membaca dengan baik. Ini merupakan fondasi penting dalam pemahaman agama.
  1. Ceramah dan Qiraatul Qutub: Program-program ini memberikan pemahaman mendalam tentang ajaran agama dan membantu mahasantri dalam mengembangkan kemampuan berbicara dan membaca dengan baik dalam konteks agama.
  1. Karya Tulis Ilmiyah: Mahasantri diajak untuk mengembangkan kemampuan menulis ilmiah, yang merupakan cara penting untuk berkontribusi dalam bidang ilmu pengetahuan dan keagamaan.
  1. Habsyi dan Tilawah: Program ini memperdalam kualitas bacaan Al-Quran dan syair-syair agama, yang dapat memperkaya budaya keagamaan mahasantri.

JQH adalah contoh nyata bagaimana komunitas dapat memainkan peran penting dalam pendidikan keagamaan dan ilmiah. Dengan menyediakan beragam program ini, mereka membantu mahasantri untuk tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek.

Komunitas “JQH” berlokasi di Universitas IAIN Palangkaraya dan terus berkembang sebagai pusat pembelajaran dan pengembangan mahasantri. Mahasiswa yang tertarik untuk bergabung atau ingin mengetahui lebih banyak tentang program-program yang ditawarkan oleh JQH.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *