Kegiatan rutinan mingguan mahasantri program PKU putra (Pendidikan Kader Ulama) muroja’ah dan Tahsin hafalan Al-Qur’an 

Mahasantri program PKU putra (pendidikan Kader Ulama) khususnya angkatan 2023 pada hari ahad, 05 november 2023 sedang melaksanakan kegiatan rutinan mingguan yaitu muroja’ah dan tahsin hafalan Al-Qur’an yang di bimbing langsung oleh pengasuh mahasantri PKU putra bapak Cecep Zakarias El Bilad S.Ip.,M.Ud.

Kegiatan muroja’ah dan tahsin ini di laksanakan di gazebo samping lapangan basket atau terkadang di taman samping gedung fakultas ushuluddin adab dan dakwah, area islamic center palangka raya, pada setiap hari ahad pagi setelah sholat shubuh tepat nya pada pukul 05:10 wib sampai selesai. Kegiatan tersebut wajib di ikuti oleh mahasantri PKU putra angkatan 2023.

Selain juga muroja’ah hafalan Al-Qura’an harian mahasantri PKU putra juga perlu muroja’ah yang langsung di bimbing oleh pengasuh PKU putra bapak Cecep Zakarias, karena kegiatan tersebut bertujuan agar menjaga dan meningkatkan kualitas hafalan mahasantri supaya semakin kuat dan lancar, selain itu juga bertujuan untuk memperbagus bacaan hafalan mahasantri agar sesuai dengan tajwid (hukum bacaan) dan makharijul huruf yang benar. 

Sistem muroja’ah mereka dengan cara maju setor satu-satu, sebelum maju mereka mempersiapkan hafalan muroja’ah nya  sampai matang dan benar-benar siap untuk di setorkan, agar ketika setoran bisa menyetorkan bacaan hafalan Al-Qur’an nya dengan lancar dan benar tanpa banyak teguran atau kesalahan dalam bacaan hafalan Al-Qur’annya. Dengan adanya kegiatan tersebut pengasuh mahasantri PKU putra dapat memantau dan mengetahui kemajuan hafalan mahasantri PKU putra khususnya angkatan 2023.

Muroja’ah adalah salah satu kewajiban bagi penghafal Al-Qura,an, Muroja’ah, atau kegiatan mengulang hafalan Al-Qur’an, memiliki berbagai keutamaan dalam Islam. Beberapa dari keutamaan tersebut antara lain:

Pahala Ibadah: Muroja’ah dianggap sebagai bentuk ibadah karena melibatkan membaca dan mengingat kembali ayat-ayat Al-Qur’an. Sebagaimana umumnya dalam Islam, setiap ibadah yang dilakukan dengan niat yang tulus mendatangkan pahala.

Kedekatan dengan Allah: Muroja’ah adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan mengulang-ulang ayat-ayat-Nya, seseorang menunjukkan keinginan untuk memahami dan menjalankan petunjuk Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Penjagaan Hafalan: Salah satu tujuan utama muroja’ah adalah untuk menjaga dan memperkuat hafalan Al-Qur’an. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memelihara hafalan Al-Qur’an karena hafalan tersebut dapat hilang jika tidak dijaga.

Kesempurnaan Bacaan dan Tajwid: Melalui muroja’ah, seorang individu dapat memperbaiki dan menyempurnakan bacaannya. Hal ini termasuk memperhatikan tajwid (cara membaca yang benar) sehingga bacaan sesuai dengan aturan yang ditentukan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top