Pelaksanaan Munaqasah BMQ Mahasiswa Baru IAIN Palangka Raya 2023

Sabtu dan Ahad tepatnya pada tanggal 18-19 November 2023 kampus IAIN Palangka Raya melaksanakan jadwal munaqasah bimbingan membaca Al-Qur’an (BMQ), untuk semua mahasiswa baru. Munaqosah adalah ujian dari proses pelaksanaan Bimbingan Membaca Qur’an yang mana program ini merupakan suatu hal yang bersifat wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru baik dari fakultas FUAD, FYSA, FEBI dan fakultas lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap 1 bulan sekali. Ada beberapa tingkatan level dalam bimbingan membaca Al-Qur’an, dalam setiap kelompok berjumlah 11 sampai dengan 12 orang, mahasiswa dimbing oleh para tutor untuk belajar mengucapkan huruf dengan benar beserta nadanya, jadi kita pun belajar secara bertahap di setiap levelnya, karena setiap levelnya pun akan ada ujian puncaknya yang mana ujian puncak setiap levelnya itu disebut dengan ujian munaqosah. Ujian munaqosah memiliki peraturan yang cukup berat dan fatal, karena maksimal kesalahan bacaan hanya 5. Jika bacaan kita melebihi dari 5 kesalahan maka mahasiswa tersebut akan mengikuti remedial (munaqosah tahap kedua) khusus bagi mereka yang didak lulus di munaqosah pertama.

Kegiatan ini bertempat di Kawasan kampus IAIN Palangka Raya tetapi kebanyakan juga banyak para ustadz/ah pembimbing dan penguji mengambil tempat di Ma’had Al-Jami’ah. Ketika kegiatan munaqosah berlangsung seketika tempat dipenuhi dengan suara-suara bacaan ayat suci Al-Quran, para mahasiswa sangat fokus mempersiapkan bacaan agar Ketika diuji tidak terjadi kesalahan pada bacaan.

Ujian munaqosah juga merupkan suatu hal yang sangat penting untuk membekali para mahasiswa agar memiliki bacaan yang baik dan benar serta sempurna dalam melafalkan huruf serta ayat-ayat yang ada didalam Al-Qur’an. Karena bayak yang pandai membaca Al-Qur’an tetapi cara pelfalannya masih asal asalan. Agar munaqosah kita lancar dan sukses maka sebelum adanya pelaksanaan munaqosah kita dilatih diwaktu yang sudah ditentukan sebelum diadakannya munaqosah ujian seleksi ke level selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top