Kolaborasi Seminar Internasional KTI dan Talkshow PRODI Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Palangka Raya bersama MAN Insan Cendekia dan MLC Thailand

Palangka Paya, 28 Maret 2024 – Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Palangka Raya telah menggelar acara kolaborasi dengan MAN Insan Cendekia Kota Palangka Raya dan Miracle Language Center Thailand (MLC Thailand). Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara perguruan tinggi dan lembaga pendidikan tingkat menengah serta meningkatkan kualitas penulisan ilmiah di kalangan siswa.

Kepala Sekolah MAN IC Kota Palangka Raya, Muhamad Khamim, mengungkapkan harapannya bahwa kegiatan ini akan memberikan manfaat positif bagi peserta didik. ” Saya berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya berhenti pada pelaksanaannya saja, tetapi juga mampu memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi peserta didik MAN IC Kota Palangka Raya.” Ujar Khamim

Acara yang berlangsung selama satu hari yang mencakup berbagai kegiatan yang dirancang untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Salah satu kegiatan utama adalah pelatihan karya tulis ilmiah, di mana para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar.

Muhamad Khamim berharap kepada mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Palangka Raya agar memberikan pencerahan kepada peserta didiknya terkait karya tulis ilmiah.

“Kami berharap para mahasiswa dari Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Palangka Raya dapat memberikan wawasan yang berharga kepada peserta didik kami terkait dengan penulisan karya ilmiah. Tujuan kami adalah agar peserta didik MAN IC Kota Palangka Raya dapat meraih prestasi dalam kompetisi karya tulis ilmiah.” pungkas Khamim.

Dekan FUAD IAIN Palangka Raya melalui Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama,  Akhmad Supriadi mengungkapkan bahwa salah satu nama dari Al Qur’an adalah Al Kitab. Al Qur’an memiliki beberapa nama dan salah satunya adalah Al Kitab yang bermakna tulisan, sehingga kalau orang Islam tidak bisa menulis sama dengan menghianati citra Al Qur’an sebagai tulisan,” ucap Akhmad Supriadi.

Selain itu, acara ini juga menampilkan Talkshow yang melibatkan pakar dan praktisi di bidang ilmu Al-Qur’an dan tafsir. Talkshow berbahasa Inggris akan disampaikan narasumber dari The Miracle Language Centre Thailand. Adapun tema yang diusung pada kegiatan ini yaitu Fostering a spirit of literacy foreign languages and memorizing the Qur’an. Talkshow ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya langsung kepada para ahli tentang berbagai topik terkait Al-Qur’an dan tafsir, serta memperluas pemahaman mereka tentang isu-isu kontemporer yang relevan. Pemateri dalam acara tersebut diisi oleh Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang kompeten dibidangnya

Acara ditutup dengan kegiatan buka bersama, di mana semua peserta dari kedua institusi dapat berkumpul, berinteraksi, dan memperkuat hubungan sosial mereka sambil menikmati hidangan lezat bersama-sama. Moment ini menjadi waktu yang sangat berharga untuk mempererat ikatan antara IAIN Palangkaraya dan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia.

Nor Faridatunnisa, S.Th.I., M.Hum Ketua Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di IAIN Palangkaraya, menyatakan, “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dan Miracle Language Center dalam acara ini. Kami berharap kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat dalam hal peningkatan keterampilan akademik siswa, tetapi juga memperkuat hubungan antarlembaga pendidikan.”

Dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukan, kolaborasi antara IAIN Palangkaraya bersama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dan Miracle Language Center diharapkan dapat menjadi contoh bagi kerjasama yang produktif antara perguruan tinggi dan sekolah menengah dalam mendukung pendidikan yang berkualitas dan berorientasi pada pengembangan potensi siswa.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan penandatangan kerja sama antara MAN IC kota Palangka Raya dengan Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palangka Raya terkait pendidkan, penelitian dan pengabdian.

Scroll to Top